Kamis, 25 Maret 2010

Sarapan Pagi

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari pentingnya sarapan pagi. Bukan hal yang aneh jika terkadang banyak orang meninggalkan aktifitas satu ini, karena terburu- buru waktu, bosan dengan makanan yang itu- itu saja dan lain- lain. Apalagi anak kost seperti saya ini yang memang jadi kebiasaan buruk karena jarang sarapan pagi (karena jarang masak pagi juga, hehe * malas sekali aku biggrin).

Sarapan bukan sekedar pengganjal perut semata, namun masih banyak manfaat lain dari aktifitas sarapan pagi itu. Nah, mari kita ulas satu persatu beberapa manfaat sarapan pagi bagi tubuh kita...


1. Sarapan pagi penting karena memberi modal energi bagi kita agar tetap bisa beraktivitas sepanjang hari.

2. Sarapan pagi memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam. Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula kita. Gula merupakan sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang kita makan.

3. Sarapan makanan yang sehat ternyata dapat meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh.

4. Sarapan memberi otak kita bahan bakar agar dapat meningkatkan konsentrasi dalam pemecahan masalah maupun ingatan karena bisa memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga kita tetap berada dalam penampilan mental terbaik.

5. Sarapan mampu menghindarkan kita dari makan yang tidak terkontrol karena rasa lapar yang berlebih. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat kita meninggalkan sarapan, maka akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong kita mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman manis lain yang mampu meningkatkan energi.

Makanan apa yang baik untuk sarapan itu?

Hem... namanya juga sarapan, kita tidak perlu mengkonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan. Sebaiknya porsi makanan untuk sarapan adalah sepertiga dari porsi makanan yang kita santap sehari. Ini berarti, makanan yang kita konsumsi saat sarapan tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga harus bergizi lengkap dan seimbang. Memang sebenarnya minim dalam kuantitas, namun kualitas makanan tetap harus diperhatikan.
Sarapan yang benar harus mengandung zat tenaga, protein atau zat pembangun, vitamin dan mineral sebagai zat pengatur yang banyak kita peroleh dari sayur dan buah-buahan. Selain itu dapat kita peroleh juga dalam sereal tinggi serat dan susu tanpa lemak.

Menu makanan apapun yang kita santap saat sarapan, sebaiknya mampu memberikan tubuh dan otak kita energi yang kita bawa sepanjang hari. Berlakulah baik mulai dari diri kita sendiri, dan biasakan sarapan mulai dari sekarang. Kebiasaan ini akan membawa kita merasa lebih baik sepanjang hari.


* Artikel ini dikutip dari beberapa site antara lain artikle.wordpress.com, masenchipz.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Friend Blog List