Kamis, 25 Maret 2010

Manfaat Tidur pada Malam atau Siang Hari

Salah satu kebutuhan jasmani manusia yang penting adalah istirahat/ tidur yang cukup. Tanpa harus diperintah, kita bisa merasakan jika pikiran sudah terasa lelah, mata menjadi berat, maka tubuh pun akan ikut merasa lemas dan tidak bersemangat.

Disinilah tubuh kita memerlukan istirahat dari segala aktifitas yang menyibukkan kita setiap hari dari pagi hingga malam hari. bahkan tak jarang kita menemukan orang yang bekerja dari pagi sampai kembali pagi di keesokan harinya. Hal ini yang mungkin kurang begitu disadari oleh orang- orang tersebut.

Tidur merupakan kegiatan alami untuk mengistirahatkan tubuh. Hal ini umum dilakukan oleh hewan mamalia, burung, reptile, aphibia, ikan, dan tentunya juga oleh manusia. Pada manusia, waktu tidur normal yang dibutuhkan adalah 6-8 jam sehari. Jika kualitas tidur kita pada waktu malam hari sangat bagus, tentu keesokan harinya kita akan merasa siap untuk memulai aktifitas kembali.

Porsi tidur yang kurang dapat melipatgkitakan resiko- resiko kematian dai penyakit jantung, penambahan berat badan, hipertensi , diabetes dan lain- lain. Sebaliknya, porsi tidur yang berlebihan dapat juga meningkatkan resiko penyakit yang sama. Banyak ilmuwan yang meneliti keuntungan dari tidur. Dalam studi terhadap subjek manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa tidur memiliki peran yang sangat kritis dalam membentuk kekebalan tubuh, proses metabolisme, kemampuan mengingat, belajar, dan berbagai fungsi penting tubuh lainnya.

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari aktifitas tidur yang cukup.

1. Menyehatkan Jantung

Kurangnya tidur terbukti dapat memperburuk tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh (kedua factor dibalik serangan jantung dan stroke). Jantung akan lebih sehat bila kita tidur 6-8 jam sehari.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Orang yang sering bekerja pada dini hari dan terekspos cahaya, memiliki resiko penyakit kanker payudara dan kanker usus lebih besar. Ilmuwan mempercayai hal ini karena berhubungan dengan kadar melatonin yang menurun akibat sorotan cahaya.

Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengantuk dan juga dapat melawan kanker. Pastikan ruangan kita cukup gelap untuk membantu tubuh memproduksi melatonin yang dibutuhkan. Dan bagi yang terbiasa tidur harus menyalakan lampu terang di kamar, sebaiknya mulai meninggalkan kebiasaan itu dengan tidur dalam keadaan gelap atau cahaya minimal karena dapat mencegah resiko terkena kanker

3. Membuat Tubuh Lebih Siaga

Tidur yang cukup dan berkualitas mampu membuat tubuh terasa lebih berenergi dan lebih siaga di keesokan harinya.

4. Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Ilmuwan tidak sepenuhnya mengerti mengapa kita tidur dan bisa bermimpi. Namun sebuah proses penguatan daya ingat, terjadi pada saat kita tidur. Mimpi dan tidur pulas merupakanwaktu yang amat penting bagi otak untuk membuat ingatan dan hubungannya. Melakukan tidur yang berkualitas dapat membantu kita untuk mengingat dan memproses lebih baik.

5. Membantu Mengurangi Berat Badan

Kekurangan tidur berpengaruh pada keseimbangan hormon tubuh yang berhubungan dengan selera makan. Hormon ghrelin dan leptin, penting untuk menstimulasi selera makan, terganggu oleh kekurangan tidur. Jadi apabila kita tertarik untuk diet, jangan lupa untuk tidur yang baik di malam hari.

6. Tidur Siang Membuat Pintar

Tidur siang tidak hanya efektif dan alternatif selain kafein, namun itu juga dapat melindungi kesehatan dan membuat kita lebih produktif. Sebuah studi dari 24.000 pria dewasa menunjukan bahwa orang yang sering melakukan tidur siang dalam 1 minggu memiliki resiko yang rendah terhadap penyakit jantung. Orang yang tidur siang di saat kerja, memiliki tingkat stres yang lebih rendah juga. Tidur siang juga meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar dan mood.

7. Dapat Mengurangi Tingkat Depresi

Tidur mempengaruhi banyak urusan kimia dalam tubuh kita, termasuk serotonin. Orang yang memiliki kadar serotonin rendah kemungkinan besar menderita depresi. Kita bisa mencegah depresi dengan tidur cukup setiap malamnya.

8. Membantu Tubuh Mereparasi Dirinya

Tidur adalah waktu bagi tubuh kita untuk mereparasi kerusakan akibat stres, sinar ultraviolet dan sebagainya. Sel kita memproduksi protein lebih banyak di saat kita tertidur. Molekul-molekul protein ini membentuk blok sel untuk mereparasi kerusakan.

Jadi, jika ingin hidup sehat sebaiknya kurangi begadang dan mulai lakukan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malamnya. Selamat mencoba…
biggrin

Dikutip dari lenziany.wordpress.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Friend Blog List